Jumat, 03 April 2020

Wabah Virus Corona Meluas di Seluruh Dunia

Sejak bulan Maret Indonesia mengalami musibah wabah virus corona. Setiap hari dari seluruh Indonesia terus bertambah penderita dan meninggal dunia akibat dari virus Corona.

Apa sih itu Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 lebih dikenal dengan nama virus Corona jenis baru dari virus yang menular ke manusia. Virus Corona menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui

Infeksi virus Corona disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus corona menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Gejala Virus Corona

Gejala awal infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala bisa memberat. Pasien bisa mengalam demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.

Kapan harus ke dokter

Bagi yang mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) yang disebutkan di atas segera ke dokter, jika munculnya gejala 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona.

Terpapar virus namun tidak mengalami gejala, kamu tidak perlu memeriksakan diri ke rumah sakit, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Gejala yang menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu: Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius) Batuk Sesak napas Munculnya gejala COVID-19 dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona. 

Sebagai langkah penanganan pemerintah melalui Kemenkes sudah memberikan daftar rumah sakit rujukan virus Corona berjumlah 132 rumah sakit di seluruh Indonesia. 

Hingga sekarang penderita atau korban yang meninggal dunia telah mengalami peningkatan atau kejadian luar biasa maka untuk itu pemerintah melakukan lock down dengan tujuan untuk mengurangi jumlah angka kematian dan penderita virus Corona.


Selain lock down berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah antara lain yaitu :

1. Rajin cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.

2. Masker. Setiap kamu mau berpergian gunakan masker.

3. Berjemur. karena dengan berjemur jam 10.00-11.00 selama 10 menit dapat bermanfaat untuk tubuh antara lain : tidur jadi nyenyak, meningkatkan kekebalan tubuh, tulang jadi sehat, mengurangi depresi ringan, menyembuhkan penyakit kulit.

4. Penyemprotan disinfektan. Penyemprotan disinfektan dilakukan pada benda. Cara pembuatan disinfektan sangat mudah dengan menggunakan karbol plus 2-3 botol air lalu diaduk dan disemprot pada benda. 

5. Hindari pergi ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing) .

Dengan adanya berbagai upaya untuk mencegah virus Corona sebaiknya kamu harus taat dan mengikuti semua anjuran yang telah berlaku karena itu untuk kebaikan bersama sehingga Indonesia sembuh dari wabah virus Corona dan kita dapat beraktivitas kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar