Selasa, 19 Februari 2019

Seni dan Budaya Cina di One Parc Puri

Hujan terus mewarni hari-hari Jakarta dalam beberapa waktu dekat ini. Dari mulai hujan ringan hingga hujan deras bertanda tahun baru imlek semakin dekat.

Hujan dipercaya sebagai pembawa rejeki karena mampu memberikan kehidupan.

Tahun baru cina bukan hanya hujan doang salah satunya barongsai atraksi wajib dari sebuah legenda Cina.

Awal tahun 2000an barongsai mulai bangkit kembali setelah Gus Dur memberikan peluang masyarakat tionghoa melakukan tradisi dan kebudayaannya.

Meskipun saya seorang muslim tapi saya merasa senang dan mendukung akan perayaan imlek sebab selain saya juga mengetahui menambah pengetahuan tentang kebudayaan cina tentunya sangat awam bagi saya.

Saya dan Komunitas Sahabat Blogger mendapat undangan dari One Parc Puri pada tanggal 16 februari 2019 menyelenggarakan festival barongsai.

Acara dimulai dengan ceremony, barongsai coaching class, meihua creation, menampilkan atraksi barongsai oleh Ebaku Ekayana, Xio Long dan Dragon Star Kids yang telah menjuari nasional dan internasional.

Acara ceremony dibuka oleh Bapak Irwan selaku Head of Sales and Marketing dengan atraksi barongsai kuning dan putih diiringin musik dari bunyi simbal dan drum. atraksi barongsai sebagai simbol pembawa kesuksesan dan keberuntungan dan juga dipercaya dapat membersihkan suatu tempat dari hal hal negatif.

ceremony festival barongsai 

Setelah acara ceremony One Parc Puri mengajak anak anak untuk barongsai coaching class dimana anak anak belajar gerakan gerakan dasar barongsai tentunya pelatih dari Dragon Star Kids.

Anak anak sangat senang sekali mengikuti setiap gerakan yang diajarkan. Setiap gerakan yang ditunjukan barongsai itu memiliki nama dan maksud tersendiri.

Dengan memperkenalkan gerakan gerakan dasar barongsai kepada anak anak sebagai mengenalkan budayaan dan kesenian barongsai.

Selain lampion pernak pernik imlek yang menarik dan cukup banyak diminati masyarakat tionghoa yang merayakan imlek adalah bunga meihua.

Mei hua adalah bunga yang memiliki daun daun kecil berwarna merah mudah dengan kombinasi keputih putihan.

Saat imlek, pohon mei hua sering di hiasi dengan oleh masyarakat tionghoa dengan menambah pernak pernik aksesoris, seperti angpao angpao kecil, lampion lampion dari kertas warna untuk dijadikan pelengkap dekorasi ruangan One Parc Puri.

Sebenarnya pohon mei hua bukan hanya sebagai pelengkap dekorasi ruangan saat imlek saja.

Pohon mei hua juga dianggap sebagai lambang harapan, keuletan, kebahagian dan kesejahteraan.

Meihua creation

Keseruan festival barongsai terus berlanjut dengan meihua creation. Acara meihua creation mengajak anak dan ibu belajar membuat bunga mei hua yang terbuat dari kertas krep, gunting, kawat untuk tangkainya yang tentunya sebelumnya akan ditunjukan bagaimana cara membuatnya oleh Anggi dan Dodo.

Disini saya lihat kemandirian dan kreatifitas anak anak dalam mengerjakan langkah langkah yang sebelumnya dicontohkan.

Keseruan belum berakhir loh, masih ada atraksi barongsai dari Xio long dan Dragon Star Kids yang acaranya diadakan di out door area One Parc Puri.

Wuih, area out door One Parc Puri di sulap menjadi suasana tahun baru cina dan juga spot spot foto yang cantik dan instagramable.

Atraksi barongsai pertama oleh Dragon Star Kids, dimana para pemain barongsai tentunya juga anak anak yang tak kalah kerennya dengan pemain barongsai dewasa.

Biarpun mereka masih anak anak tapi mereka sudah mempunyai pengalaman dalam atraksi barongsai terbukti mereka lincah dalam gerakan wushu, bela diri asal negara Cina.

Atraksi barongsai Dragon Star Kids membuat para tamu undangan menjadi gemes melihat anak anak yang sudah mahir mempertunjukan atraksi barongsai sebab dimana biasanya diiringi sebuah gong ( tanpa bulatan kecil), sebuah tambur, sebuah simbal yang ditabuh kencang tapi kali ini unik dengan lagu baby shark.

Setelah atraksi barongsai anak anak dilanjutan dengan atraksi barongsai dewasa dengan menampilkan Xio Long.

Berbeda dari atraksi barongsai anak anak tadi, kali ini atraksi barongsai lebih menegangkan dan seru karena menampilan atraksi barongsai dengan menggunakan meja dan tiang tiang untuk dinaiki barongsai.

Sesekali singa barongsai mengedipkan matanya kepada para tamu undangan. Ada juga singa berdiri dengan kaki empat beralih menjadi kaki dua. Dua kali lainnya berada diatas sehingga membuat takjub dan terkesima para tamu undangan.

Setelah selesai menyaksikan atraksi barongsai para tamu undangan antusias memasukan angpao kedalam mulut barongsai konon dipercaya biasa membuang semua keburukan dan mendatangkan rejeki bagi si pemberi angpao.

Anak anak memasukan angpao ke mulut barongsai

Barongsai bukan hanya sekedar atraksi dengan atribut loh, sang pemain barongsai tidak bisa sembarangan dan harus mempunyai fisik yang prima. Karena pemain barongsai harus bisa kungfu dan berat kepalanya mencapai 25 kg. Wow pantes aja pemain barongsai harus bisa kungfu.

Acara terakhir dan yang paling ditunggu tunggu oleh para tamu undangan adalah menukar kartu undangan dengan angpao yang berada di pohon mei hua.

Setiap undangan mendapatkan satu angpao yang bebas dipilih pada pohon mei hua dan bisa di tukarkan dengan hadiah yang tentunya di cap dulu sebelum menukar hadiahnya.

Dengan adanya festival barongsai pada tanggal 16 - 17 februari 2019 di One Parc Puri membuka mata kita akan kebudayaan cina menjadi sesuatu pengalaman pertama yang sangat luar biasa menyaksikan atraksi barongsai.

Maket apartemen One Parc Puri

Takjub akan pembangunan apartemen One Parc Puri mempunyai konsep masterplace yang unik dimana menampilkan hunian dan ruang bisnis kontemporer yang berkualitas tapi rama lingkungan dan akses kendaraan mudah dijangkau.

2 komentar:

  1. Wah berat sekali barongsai sampai 25 kilogram , setengah dari berat badan Mpo.

    Membuka cakrawala wawasan mengenai kebudayaan Cina bisa mendapatkan keuntungan berlipat lipat. Ilmu bertambah dan dapat angpao dari one Parc Puri

    BalasHapus
  2. "Masih Bingung Mencari Situs Poker / Domino / BandarQ / AduQ Yang isa di percaya ?

    Yang Mempunyai % Kemenangan Lebih Besar . ?
    Kartu"" Yang Berkualitaas . ?

    Pelayanan CS Yang Ramah / Tips"" Dan Trick Cara Bermain . ?

    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.POKER Minimal Deposit : Rp.20.000,-

    Bonus Refferal Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over Tanpa Batas .

    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    8 Games Dalam 1 User ID
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - BANDAR SAKONG

    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ dan BANDAR SAKONG .

    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam .

    Daftar Langsung isi data2 : http://arenadomino.poker

    BalasHapus