Rabu, 06 Februari 2019

Rumah Idaman Ada di Indonesia Properti Expo

Setiap orang pasti mempunyai keinginan memiliki rumah yang merupakan salah satu kebutuhan primer, termasuk saya. Selagi usia masih muda dan belum banyak tanggungan serta sebelum harga rumah naik pada setiap tahunnya.

Salah satunya untuk mewujudkan keinginan membeli rumah yang harus saya lakukan dengan mempraktekkan prinsip keuangan 10-20-30-40.

Artinya, 10 persen dana darurat, 20 persen tabungan atau investasi, 30 persen hutang produktif, 40 persen kebutuhan.

Ini penting agar teralokasikan di awal dan bukan dari sisa gaji. Apalagi kalau menabung dari sisa gaji biasanya jarang terwujud karena sering tak ada sisanya.

Miniartur rumah impian 
Pada hari Minggu (3/2/2019) saya baru pertama kali melihat pameran properti terbesar di Indonesia yang sungguh luar biasa sehingga membuat saya kagum dan bangga akan penyelenggaraan Indonesia Properti Expo yang berlokasi di Hall A dan B, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. 

Indonesia Properti Expo merupakan pameran yang digelar ke 35 kalinya oleh BTN dan PT. Adhouse Clarion. Events diselenggrakan mulai tanggal 2 - 10 Februari 2019 yang memamerkan sebanyak 600 proyek properti yang ditawarkan oleh 150 pengembang.

Berbagai promo menarik yang ditawarkan antara lain yaitu Down Payment (DP) alias uang muka 1 persen, jangka waktu kredit sampai dengan 30 tahun, bunga rendah 6,69 persen, dan harga mulai dari Rp.130 juta.

Nah, begitu banyak penawaran yang menarik, bisa saya manfaatkan Indonesia Properti Expo untuk mencari rumah idaman, tapi malah saya sedikit kebingungan mencari rumah idaman pada pameran Indonesia Properti Expo.

Untuk yang sama mengalami kendala pada saat mencari rumah idaman di Indonesia Properti Expo, saya akan memberikan sedikit trik agar pada saat mencari rumah idaman jadi lebih efektif, sebagai berikut :

1. Tentukan lokasi rumah.

Sebelum mendatangi acara pameran, tentukan dulu lokasi yang diincar untuk membeli rumah karena pada saat pameran Indonesia Properti Expo akan banyak produk properti yang ditawarkan dengan lokasi yang beragam.

Jadi paling tidak akan menghemat waktu untuk fokus hanya mencari penawaran properti di wilayah tersebut.

2. Tentukan anggaran dan tipe rumah.

sebelum mendatangi acara pameran tentukan dulu Berapa Anggaran dan tipe rumah yang anda butuhkan, jadi pada saat berada di pameran kita fokus mencari anggaran dan tipe rumah sesuai keinginan kita.

3. Tentukan cara pembelian

Di dalam membeli properti ada beberapa pilihan yaitu: beli tunai, beli tunai bertahap (beberapa pengembang biasanya memberikan pilihan tunai bertahap mulai 12 bulan sampai 60 bulan).

Jadi tentukan sendiri cara pembelian yang mana yang sesuai dengan keuangan anda.

4. Lihat reputasi pengembangan.

Pameran properti biasanya diikuti oleh puluhan bahkan ratusan pengembangan properti, mulai dari pengembangan kelas kakap hingga kelas teri. 


Maka kita harus cermat dalam memilih daftar peserta pameran yang ada peta stand pengembangan yang memudahkan anda mendatangi dan melihat penawaran mereka.


5. Jangan pergi sendirian

Bagi yang sudah berkeluarga, akan lebih baik nya bila mengajak pasangan untuk ikut pameran. Karena pameran Indonesia Properti Expo banyak pengembang menawarkan tipe rumah maka kita perlu bertukar pikiran dalam memilih rumah yang terbaik dan nyaman buat anggota keluarga .

Bagi yang masih lanjang, kita sering kali tergiur dengan penawaran promo yang ditawarkan oleh pengembang maka kita perlu bertukar pikiran dengan teman karena harus dipertimbangkan matang matang supaya tidak ada rasa menyesal nanti.

6. Bawa berkas kelengkapan pangajuan

Tak ada salahnya bila anda dari rumah mempersiapkan berbagai berkas pelengkap pengajuan apabila nanti di pameran mungkin ada yang cocok pada salah satu pengembang dan langsung membelinya disana sebab banyak promo bunga murah yang di tawarkan oleh bank saat pameran .

7. Siapkan dana untuk booking fee.

Jika sudah menemukan properti sesuai kriteria maka anda bisa 'menguncinya' dengan memberikan booking fee, jadi sebelum datang ke pameran siapkan dana untuk booking fee

Selain dapat menemukan properti idaman, dalam acara Indonesia Properti Expo, saya juga bisa menikmati beragam acara menarik seperti talkshow yang menghadirkan tema yang menarik salah satunya dekorasi rumah ala instagram, live music, lomba menggambar.

Talkshow dekor ala instragram

Fungsi rumah tidak hanya sebagai tempat tinggal tapi rumah juga berperan penting untuk menciptakan kenyamanan, ketenangan dan rasa betah bagi penghuninya.

Karenanya rumah harus di desaign sekeren dan sebaik mungkin agar tampak menarik, enak dipadang dan instagramable.

Menurut Irma alaydrus bahwa hal utama yang perlu di perhatikan adalah interior styling untuk membuat rumah lebih apik dan instagramable dengan mengubah barang barang yang ada di ruangan untuk mendapatkan tampilan banyak tampilan baru meski dengan barang barang itu aja.

namun, apapun gaya dalam menata ruangan harus di ikuti prinsip fungsional dan tone senada.

Indonesia Properti Expo tahun ini bakal diselenggarakan sebanyak 3 kali. Pertama awal tahun, 2 sampai 10 februari 2019. Kedua tengah bulan, 27 juli sampai 4 agustus 2019. Dan ketiga diakhir tahun 23 november sampai 1 desember 2019.

Antusias para pengunjung pameran

Pengunjung bisa hadir langsung tanpa dikenakan biaya masuk. Bahkan, setiap pengunjung yang hadir berhak mengikuti undian berhadiah satu unit Daihatsu Ayla yang akan diundi diakhir pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar