Minggu, 17 Desember 2023

Kolaborasi Untuk Indonesia Bebas Kusta

 

Penyakit kusta di sebut penyakit kutukan jadi mereka yang mempunyai penyakit kusta selalu di kucilkan oleh keluarga atau masyarakat sekitarnya karena masyarakat tersebut kurangnya edukasi tentang penyakit kusta maka itulah perlu kolaborasi dari lembaga-lembaga terkait yang berhubungan dengan kusta seperti NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundations.




Kusta merupakan penyakit menular yang masih ada di Indonesia yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae. 

Gejala kusta biasanya memiliki bercak putih di beberapa bagian tubuh yang sering dikira hanya panu, kurap, atau infeksi jamur saja. 

Apalagi kasus baru kusta di Indonesia mengalami stagnasi selama 10 tahun terakhir dengan jumlah mencapai 18000 kasus hal inilah menjadikan Indonesia termasuk peringkat ketiga tertinggi kasus kusta di dunia, ini menunjukkan masih ada masalah penanganan kusta di Indonesia. 





Ardi Yansyah salah satu seorang OYPMK dan bermitra NLR Indonesia sekaligus Ketua Permata Bulukamba berbagi cerita pengalaman yang mengalami stigma negatif di masyarakat sejak ia menjadi penderita kusta di sebuah acara talkshow di youtube KBR. 

"Sejak menderita kusta jadi berubah 100 persen seperti contohnya sejak tahu saya menderita kusta teman-teman jarang ke rumah. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2011 sampai 2015. Sejak ada edukasi tentang kusta perlahan tapi pasti masyarakat berubah", ujar Ardi Yansyah. 

Ardi Yansyah juga menceritakan awal pertemuan hingga berkolaborasi dengan Permata Bulukamba di tahun 2018. Pada saat itu Permata Sulawesi Selatan ada 4 sampai 5 cabang yang salah satu adalah Permata Bulukamba. Dari situ Permata Bulukamba berkenalan dengan NLR Indonesia hingga akhirnya sampai sekarang masih berkolaborasi.

Untuk itulah Yayasan Permata Bulukamba berkolaborasi dengan NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundations dalam menangani masalah kusta. 

Berikut ini sekilas tentang profil dari Yayasan Permata Bulukumba, NLR Indonesia dan Sasakawa Health Foundations 

Yayasan Permata Bulukumba adalah yayasan yang berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan penyadang kusta di seluruh indonesia yang bertujuan untuk memperjuangkan kesetaraan, mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang yang sedang atau pernah mengindap penyakit kusta.

NLR Indonesia adalah sebuah lembaga yayasan niralaba dan non pemerintah sejak tahun 1975 yang bertugas pada permasalahan kusta dan konsekuensinya. 

NLR Indonesia berfokus pada : 

1. zero transmission ( nol penularan) 
2. zero disabillty ( nol penyandang cacat)
3. zero exclusion ( nol ekskulasi) 

NLR Indonesia merupakan anggota dari NLR internasional yang berpusat di negara Belanda. 

Selain di Indonesia, NLR juga ada di beberapa negara seperti NLR Brazil, NLR India, NLR Nepal dan NLR Mozambique. 

Sasakawa Health Foundations merupakan organisasi internasional yang mendukung upaya pemberantasan kusta di berbagai negara

Langkah apa saja yang mereka telah lakukan dari kolaborasi, yaitu :

1. kolaborasi yang melibatkan kampanye edukasi untuk meningkatkan kesadaran akan kusta. 

2. mereka memastikan akses yang lebih mudah dari penyadang kusta untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. 

3. adanya program pelatihan bagi tenaga medis dan petugas kesehatan di daerah terpencil dengan begitu mereka dapat memberikan diagnosis yang tepat dan perawatan yang tepat.

4. bekerja sama dalam menyediakan dukungan psikososial bagi penderita kusta dan keluarga serta membantu mereka mengatasi stigma sosial yang sering terkait dengan penyakit kusta.

5. berfokus juga pada advokasi kebijaksanaan untuk memperjuangkan hak-hak penderita kusta dan kebijakan publik untuk mendukung upaya kebijaksanaan pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit kusta.

Dengan adanya kolaborasi Yayasan Permata Bulukumba, Sasakawa Health Foundations dan NLR Indonesia di harapkan dapat tercapai peningkatan signifikan dalam pengendalian dan peningkatan kualitas hidup bagi penderitaan kusta di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar