Rabu, 07 Desember 2022

Teman Autis Sahabat Bagi Para Orang Tua

 

Dalam membina berumah tangga pastilah menginginkan kehadiran yang buah hati agar semakin lengkap dan sempurna rumah tangganya.

Maka itulah perlu persiapan yang matang seperti sebagai seorang calon ibu harus mempersiapkan segalanya baik fisik dan mental untuk mengandung dan melahirkan serta sebagai bapak juga harus mempersiapkan segala kebutuhan si kecil dan ibunya. 




Apalagi saat ibu hamil tentunya harus memperhatikan asupan gizi dan nutrisinya agar nanti si kecil lahir dengan selamat dan sempurna. Tapi bila Tuhan berkata lainnya ketika kita melahirkan bayinya ternyata berkebutuhan khusus seperti autisme maka kita tidak bisa apa-apa dan hanya memberikan yang terbaik bagi si bayi nantinya. 

Ada juga beberapa orang tua yang tidak mau menerima anaknya dilahirkan sebagai autisme bahwa mereka malu punya anak seorang autisme tentunya ini sangat miris sekali melihatnya. 

Apa sih Autisme itu? autisme adalah kondisi dimana ada masalah kompleks pada gangguan saraf. Dampak yang timbul dari gangguan saraf seperti susah berinteraksi, susah berkomunikasi non verbal dan komunikasi verbal, susah berbicara sehingga mengalami kesusahan dalam hal sosial motorik.

Pada dasarnya autisme bukan penyakit menular melainkan hanya aja kondisi seseorang yang mengalami keterlambatan proses perkembangannya.

Dari sinilah maka timbul banyak orang yang meng menganggap autisme merupakan suatu gangguan sehingga mereka akan menghindarinya.

Padahal penyandang autisme berhak melangsungkan hidupnya lebih baik dan mendapatkan perlakuan berbeda karena pada dasarnya mereka memiliki test IQ yang sama, bahkan bisa lebih diatas rata-rata pada umumnya. Hanya aja terkendala pada sistem sensorik yang membuat sensitif pada motorik.

Karena kondisi yang berbeda penyandang autisme perlu terapi rutin agar bisa hidup lebih baik. Beberapa jenis terapi autisme diantaranya : 

1. terapi fisik
2. terapi wicara 
3. terapi okupasi
4. terapi perilaku dan komunikasi 
5. terapi sensori 
6. applied behaviour analysis ( ABA)
7. terapi pendidikan
8. terapi bermain
9. terapi keluarga

Selain jenis terapi diatas juga para orang tua juga perlu juga mengetahui cara mendidik anak autisme diantaranya: 

1. memilih pendidikan sekolah yang tepat 
2. melatih skill dengan terapi
3. cari tau bakat dan minat anak
4. bergabung dengan komunitas autisme. 

Komunitas autisme bertujuan sebagai jembatan bagi orang tua sehingga orang tua dengan anak autisme mendapatkan informasi yang sudah kredibel, sudah terverifikasi dan terkurasi. 

Dok :  Website Teman Autis



Teman Autisme adalah wadah yang tepat buat para orang tua yang memiliki yang memiliki anak gangguan autisme.

Salah satunya Alvinia Christiany adalah co-founder dari Teman Autis yang menceritakan bermula ia sangat terenyuh akan penyandang autisme yang selalu dikucilkan dan para orang tua yang rata-rata tidak menerima anaknya autisme.

Dari situlah Alvinia ingin meningkatkan awareness terhadap autisme dikalangan masyarakat terutama orang tua yang mempunyai anak autisme. 

Di Teman Autisme para orang bisa mendapatkan wawasan tentang anak autisme dan pengasuhannya melalui situs website dan media sosial teman autisme. selain itu juga webinar berbayar yang di adakan setiap bulannya dengan topik yang berbeda serta ada juga daftar klinik anak autisme.

Tentunya teman autisme ini tidak sendiri , mereka bekerjasama dengan beberapa klinik maupun komunitas lainnya sehingga melibatkan para ahli di bidangnya dalam menyampaikan informasi.

Dengan kehadiran Alvinia dan Teman autisme sehingga tidak ada lagi yang pandang sebelah mata terhadap autisme dan para orang tua menyanyangi seperti anak normal lainnya.

3 komentar:

  1. Dengan kemajuan teknologi kita bisa cari informasi sampai komunitas lebih mudah ya, nggak terkecuali komunitas teman autis

    BalasHapus
  2. Menginspirasi apa yang dihadirkan oleh kak Alvina.
    Sehingga siapa saja yang ingin gali informasi tentang wawasan autis bisa melalui ini.
    Karena informasi yang dihadirkan terpercaya ya kak

    BalasHapus
  3. Aku punya ponakan autis dari suamiku, terkadang aku suka kepikiran soalnya keluarganya sibuk bekerja.
    Pernah coba disekolahkan di sekolah khusus tapi anaknya gak mau karena masih canggung dengan lingkungan baru sehingga gak jadi sekolah.
    Semoga anak anak autisme khususnya selalu diberi kasih sayang yang sama dan pastinya jangan dikucilkan atau dijauhi ya.

    BalasHapus