Kamis, 19 September 2019

Potret Masa Era 90an di Film Bebas

Siapa sih yang tak kenal dengan Mira Lesmana dan Riri Riza? Dua sineas kondangan Tanah Air ini telah banyak memproduksi film laris dipasaran dan selalu mendapat apresiasi positif dari banyak pihak. Sebut aja Petualangan Sherina, Laskar Pelangi hingga Kulari Ke Pantai yang telah diliris pada bulan Juni tahun 2018.

Tak ingin membuat penggemar terlalu lama merindukan karya-karyanya. Pada tahun 2019, dua sineas tersebut kembali akan merilis sebuah film yang berjudul Bebas. Film Bebas merupakan adaptasi dari film Korea Sunny sutradara Kang Hyeong cheol dan Produser Ahn Byeong ki dan Ahn In kin.

Di Korea  Film Sunny dirilis tanggal 4 Mei 2011 dan meraih banyak penghargaan, salah satunya adalah Grand Prize for Film dalam Korean Culture and Entertainment Award ke 19 serta Content of the Year Style Icon Award ke empat.

Film Sunny juga telah diaptasi oleh beberapa negara. Kisah persahabatan remaja ini dibawa ke Indonesia oleh Miles Films melalui CJ Entertainment.



Film Bebas mengkisahkan enam sahabat sejak masa remaja hingga sudah beranjak dewasa. Film Bebas dengan alur cerita maju mundur di era remaja dan dewasa sehingga penonton melihatnya jadi tak terpisahkan.

Meskipun ceritanya tak jauh berbeda, namun dialek yang digunakan dalam Film Bebas akan berbeda dengan Film Sunny. Karena di Film Bebas akan mengangkat Muatan Lokal jadi suatu yang sangat penting ini bukan Film Korea yang di Indonesia kan tapi benar-benar menciptakan karakter tayangan yang sangat Indonesia dan juga ada sejumlah adegan film yang berlokasi di MRT.

Film Bebas memiliki 11 tokoh utama dan 24 tokoh pendukung. Para Pemerannya antara lain : Maizura, Sherly Sheinafia, Agatha Pricilla, Lutesha, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia dan Baim Wong.

Film Bebas juga memasukan konsep kebebasan. Bebas adalah sebuah filosofi penting, membuat seseorang menjadi selalu bisa melihat dengan harapan dan optimisme ke masa depan. Karena menganggap pemaknaan tersebut sama dengan film aslinya.

Dari sembilan lagu di dalam Film Bebas juga ada dua lagu diantaranya yang bertemakan Bebas yaitu lagu Bebas dari Iwa K dan lagu Kebebasan dari Sigiku.



Sebelum tayang di bioskop Film Bebas mengadakan konser nostalgia digelar dalam tajuk konser Bebas Pesta 90an, Jumat 27 September 2019 di Livespace lot 8 SCBD, Jakarta Selatan. Konser ini berjalan atas kerjasama tiket.com bersama Miles Films, CJ Entertainment, Ideosource Entertainment, BASE Entertainment. 

"Intinya kita bisa merayakan 90an, tidak cuma di filmnya saja tapi juga lagu-lagu lain akan ada Iwa K, Andra and the Backbone, Vina Panduwinata, Vidi Aldiano dan lain-lain. Tentunya juga akan ada Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Maizura dan semua pemain Bebas akhir endingnya Om Leo akan berkaraoke, jelas Mira Lesmana, produser Film Bebas dari Miles Films dalam konferensi pers Film Bebas di Lounge Plaza Senayan XXI,Rabu (18/9/2019).

Film Bebas dapat membangkitkan rasa kebersamaan generasi muda, memotivasi mereka untuk saling menghargai dan mendukung sesama teman dalam hal positif serta semakin memahami makna ikatan keluarga.

Makanya kamu harus nonton Film Bebas mulai tayang tanggal 3 Oktober 2019, sekalian bisa reunian dengan teman-teman SMA maupun SMP. Paling seru, kalau nontonnya bareng sahabatmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar