Rabu, 24 Agustus 2022

Eksplorasi Budaya Melalui 3 Buku Prosa Budaya

 

Indonesia beraneka ragam seni dan budaya maka itu kita harus melestarikan seni dan budaya yang merupakan aset warisan leluhur.

Keberaneka ragam budaya adalah kondisi masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku, bahasa dan budaya. 

Disadari atau tidak kondisi keanekaragaman budaya membawa banyak manfaat bagi suatu bangsa, antara lain :

1. Menjadi indentitas bangsa di mata dunia.

Keanekaragaman budaya menciptakan indentitas bangsa. Indentitas tersebut merupakan akan membuat bangsa dikenal di mata dunia.

2. Memperkaya kebudayaan nasional. 

Keanekaragaman budaya bermanfaat untuk memperkaya kebudayaan nasional sebab Indonesia terdari sabang sampai mempunyai ciri budaya tersendiri di setiap daerah dan hal ini yang menjadikan Indonesia kaya akan kebudayaan.

3. Mempererat persaudaraan.

Manfaat lain dari keanekaragaman budaya suatu bangsa adalah eratnya ikatan persaudaraan dimana masyarakat saling menghormati dan menghargai tiap kebudayaan.

4. Menjadi aset wisata.

Keanekaragaman budaya juga bisa menjadi aset wisata bagi suatu bangsa seperti Indonesia terdapat candi-candi yang bisa menjadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini.

5. Menjadi sumber pengetahuan.

Dengan keanekaragaman budaya juga bisa menjadi pengetahuan tidak hanya untuk warga Indonesia tapi juga untuk mancanegara.

6. Menumbuhkan rasa nasionalisme. 

Keanekaragaman budaya juga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme karena adanya rasa bangga, mencintai dan menghormati banyaknya kebudayaan.

Tak ada salah sejak dini mengenalkan budaya bangsa kepada anak-anak bisa menumbuhkan kesadaran dalam dirinya agar mencintai bangsa dan negaranya. Mengenalkan budaya ini juga bisa membuat anak bisa menghargai keanekaragaman budaya yang sudah ada disekitarnya.

Cara mengenalkan budaya bisa dengan buku, cerita , permainan tradisional, kuliner atau pun mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Museum, Candi dan masih banyak lagi.





Seperti 3 buku terbaru terbitan Elang Nuswantara yang bertemakan budaya di Nusantara dari para penjaga budaya yaitu Elang Merah ( pasukan Elang merah), Elang Putih ( karya murni publisher), Elang Biru ( Ibu-ibu doyan nulis). 

Sang Elang melambung jauh, menerbangkan tinggi menebarkan virus literasi budaya lewat karyanya masing-masing yaitu ;

1. Sang Mistikus Beraksi - Elang Merah
2. Pesan yang Belum Sampai - Elang Putih
3. Beri Aku Cinta yang Tak Biasa - Elang Biru.


3 Buku Prosa Budaya ini merupakan garapan Hedy Rahadian dan Kirana Kejora serta para cerpenis. Seperti Buku Sang Mistikus Beraksi yang berkolaborasi 47 cerpernis, Pesan yang Belum tersampaikan yang berkolaborasi 18 cerpenis dan Beri Aku Cinta yang Tak Biasa berkolaborasi 28 cerpenis.




Dari 3 buku prosa budaya salah satu yang aku baca buku yaitu Beri Aku Cinta yang Tak Biasa dari Elang Biru ( Ibu-ibu doyan nulis) yang bercerita tentang perempuan, budaya dan romansa. Alur cerita buku ini sangat mudah dipahami dan dengan vulisasi sangat menarik. 

Harga dari masing-masing Buku 3 prosa budaya adalah sebagai berikut :
 
1. Buku Sang Mistikus Kasih dengan harga Rp. 85.000.
2. Buku Pesan yang Belum Sampai dengan harga Rp. 85.000.
3. Buku Beri Aku Cinta yang Tak Biasa dengan harga Rp. 99.000.

Untuk saat ini Pemesanan 3 buku prosa budaya baru bisa secara online dengan langsung menghubungi media sosial masing-masing sebagai berikut :

1. Buku Sang Mistikus Kasih dapat menghubungi Instagram @pasukanelang merah.
2. Buku Pesan yang Belum Sampai dapat menghubungi Instagram @karyamurnipublisher.
3. Buku Beri Aku Cinta yang Tak Biasa dapat menghubungi Instagram @ibuibudoyannulis.

Dengan membaca 3 buku prosa budaya akan lebih memahami, makin cinta dan bangga akan kebudayaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar