Senin, 21 September 2015

olahan kacang kedelai memikat lidah internasional

Nama kuliner tempe mendoan mungkin bagi sebagaian orang asing diteliga dengan nama kuliner tradisional indonesia ini.  Namun, untuk sebagaian masyarakat yang ada di Palau Jawa nama makanan kuliner tempe mendeoan bukanlah hal yang asing. Kuliner tempe mendoan sering kita temukan bila kita mengunjungi Jawa Tengah, khususnya di daerah Banymas, Purwokerto, Cilacap, dan sekitarnya.

Sebelum saya lebih lanjut tentang tempe mendoan ini, saya akan bahas terlebih dahulu bahan utama dari tempe mendoan yaitu tempe. Tahukah kamu bahwa tempe merupakan makanan warisan dari nenek moyang indonesia? tidak seperti halnya keju dan mie yang merupakan makanan yang berasal dari eropa dan cina. Tempe merupakan makanan yang memang asli penemunya bangsa Indonesia. Selain itu juga tempe sering dijadikan makanan pengganti daging karena nilai gizi yang sangat tinggi, tidak kalah dengan keju, tempe juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Wah..wah..wah tambah cinta aja negeri ini. Indonesia juga kini menjadi produsen tempe terbesar di dunia. Walaupun awalnya tempe merupakan makanan kelas bawah namun seiring perkembangan zaman, kini tempe menjadi makanan yang berkelas dan mungkin menjadi lauk-pauk wajib di rumah anda.

Kandungan Gizi Tempe

Secara umum, tempe mengandung berbagai senyawa zat aktif antara lain sejumlah lemak, berbagai mineral baik makro ataupun mikro, protein nabati serta pangan alami,  karbohidrat, isoflavon, beragam vitamin mulai yang di larutkan ke dalam air sampai yang larut dalam minyak dan masih banyak lagi.


Asam lemak tempe di golongkan ke dalam kedalam kelompok Polyunsaturated Fatty atau PUFA. Asam jenis ini merupakan  asam lemak tidak jenuh majemuk yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperoleh dari proses prementasi tempe. Asam tersebut adalah oleat dan linoleat. Kedua asam ini berkerja aktif dalam menurunkan kolesterol serum dalam darah sehingga dampak negatif sterol bisa ditangkal.

sementara itu kandungan gizi tempe juga diperkaya vitamin B kompleks yang terdiri dari B12 atau sianokobalamin, B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B6 atau piridoksin dan lain-lain. Yang unik, kandungan vitamin B12 tempe yang sangat tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Selain vitamin B kompleks, pada dasar tempe juga kaya vitami A, D, E, dan juga vitamin K. Selain vitamin dan asam lemak, tempe juga diperkaya dengan mineral dan kalsium, Fe atau zat besi, mangan, zink, fosfor, inositol, magnesium dan lain-lain. Hal lain yang terpenting dalam tempe adalah keberadaan zat anti oksidan yang populer disebut isoflavon. Zat ini sangat ajaib sebab mampu melawan pengaruh radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan 
1. mampu menyembuhkan diare

2. menurunkan tekanan darah tinggi
3. menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kita
4. merupakan salah satu makanan antikanker
5. mampu mencegah osteoporosis
6. mencegah anemia
7. kaya antioksida alami yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh
8. kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan
9. mampu mencegah timbulnya hipertensi
10. mencegah penyakit jantung

Cara Membuatan Tempe

Alat : 
1. Dandang
2. Sotel kayu
3. Kompor
4. Kipas angin atau kipas kayu
5. Saringan
6. Baskom
7. Tampah

Bahan-bahan :
1. Kacang kedelai dengan kualitas bagus
2. Ragi tempe atau kamu bisa menggunakan bibit murni Rhzopus sp
3. kantong plastik, daun jati atau daun pisang untuk membungkus tempe

Cara pembuatan :
1. Cuci hingga bersih alat-alat yang akan digunakan seperti sotel kayu, tampah, saringan dan lain-lain kemudian keringkan terlebih dahulu.
2. Cuci sampai bersih kacang kedelai dan pisahkan dari bahan-bahan yang lain yang tercampur dengan kedelai tersebut.
3. Redam kacang kedelai tersebut kurang lebih 12-17 jam dengan air yang bersih
4. Pisahkan kedelai dengan kulitnya lalu cuci lagi kedelai tersebut
5. Masak atau rebus kedelai tersebut sampai benar-benar empuk
6. Kemudian setelah kedelai menjadi empuk, pindahkan pada tampah dan gunakan kipas untuk menurunkan suhu kedelai tersebut
7. Setelah kedelai tersebut menjadi hangat, kamu bisa menaburkan ragi tempe sedikit-sedikit sambil  diaduk agar merata. untuk 2 kg kedelai kamu bisa gunakan ragi 1,5 gram
8. Siapkan pembungkus yang kamu siapkan seperti kantong palstik ataupun daun pisang untuk membungkus kedelai. Bila kamu membungkusnya menggunakan kantong plastik maka beri lubang kecil pada plastik tersebut
9. masukkan kedelainya lalu tutup dan biarkan hingga 2 hari

proses pembuatan tempe


Sejarah Tempe mendoan

Baiknya untuk pertama kali saya akan bahas tentang tempe mendoan. Ya, bagi anda yang pernah mengunjungi Kabupaten Banyumas tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Kabupaten Banyumas yang satu ini.

Mendoan berasal dari kata "mendo" (Bahasa Banyumas) yang berarti lembek. Jadi, mendoan adalah tempe yang digoreng tidak kering dan masih lembek.

Tahun pertama kali terciptanya mendoan saya sendiri tidak tahu, asal mula terciptanya mendoan  merupakan penumuan yang tidak disengaja. Sebelumnya, Purwokerto  yang merupakan ibukota Kabupaten Banyumas sebagai Kota Mendoan lebih dulu dikenal dengan sebutan Kota Keripik.

Untuk membuat keripik tempe yang kering, renyah, tidak berubah menjadi gelap dan kehitaman, masyarakat Banyumas membuatnya dengan cara menggorengnya dua kali. Keripik yang setengah matang disebut tempe mendoan. Setelah itu baru kemudian digoreng kering hingga menjadi keripik.

Nah, pada saat setengah matang banyak masyarakat Banyumas yang mencicipinya dan ternyata banyak yang suka. setelah itu mendoan menjadi booming atau ngetren.



Resep dan Seluk-Beluk Tempe Mendoan

Tempe mendoan sanagat nikmat jika di santap saat panas, di makan bersama sambal kecap menikmati kelezatan tempe mendoan. biasnya tempe mendoan memiliki ciri khusus yang berbeda dengan tempe lainnya. Jika tempe biasa kita sering menjumpai di pasar  dengan ketebalan 3 cm sampai 5 cm, tetapi untuk tempe mendoan berbeda ketebalan sekitar 3 mm, disusun menjadi empat bagian pada setiap  bungkusnya.

tempe mendoan

bentuk / isi dari tempe mendoan




Buat yang mau bikin gampang kok :

1. Siapkan beberapa slice tempe (iris tipis melbebar aja)
2. Siapkan adonan tepung, irisan daun bawang, di campur dengan bumbu rempah (dibuat dari 2 siung     bawang putih diulek bareng garam dan ketumbar) dan satukan dengan air secukupnya. JANGAN KEENCERAN DAN JANGAN KEKENTALAN JUGA
3. Masukan slicean tempenya ke adonan tepung
4. Masak di wajan dengan minyak panas
5. Masak hingga cakep

Untuk bumbunya pun berbeda dengan bumbu tempe goreng biasa, jika kita menggoreng dengan adonan bumbu biasa pasti cepat kering atau gosong jika di goreng pada minyak panas. Berbeda dengan tempe mendoan, meskipun terlihat garing, tetapi beberapa menit kemudian tempe menjadi lembek kembali meskipun warnanya gosong.





Merupakan suatu keunikan tersendiri dari tempe mendoan yang lembek dan terkesan belum matang. Tempe mendoan terbuat dari kedelai murni yang di rebus terlebih dahulu  dan dijadikan tempe tipis memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak nabati yang baik untuk  kesehatan.



Kandungan Gizi Tempe Mendoan :

Ehem mendoannya boleh enak, mendoannya boleh ngangenin,  mendoannya boleh bikin ngiler, tapi sebenarnya makan mendoan ada gizinya gak sih ? Kita kalo makan sesuatu pasti nyari manfaatnya buat tubuh. jangan makan kaya sampah (baca : junkfood) yang cuma enak doang tapi efeknya jelek buat tubuh dan bawa bermacam penyakit. Mendoan ternyata punya kandungan gizinya loh. Karena mendoan terbuat dari tempe dan bumbuhnya dari rempah. Cekidot :

Mendoan menggandung energi sebesar 29 kilokalori, protein 4,89 gram, karbohidrat 16,19 gram, lemak 1,04 gram, kalsium 26 miligram, fosfor 47 miligram dan zat besi 2,01 miligram. Selain itu di dalam mendoan juga mengandung vitamin  A sebanyak 9 IU, vitamin B1 0,05 miligram, dan vitamin C 0 miligram. hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian 100 gram mendoan, dengan jumlah yang dapat di makan sebanyak 100%.

Informasi komposisi kandungan gizi/nutrisi pada mendoan:

Nama Bahan makanan   : Mendoan
Nama lain / alternatif      : -
Banyaknya mendoan yang diteliti (Food Wight) = 100 gr
Bagian mendoan yang dapat dikonsumsi (Bdd/Food Edible = 100%
Jumlah kandungan energi mendoan = 29 kkal
Jumlah kandungan protein mendoan = 4,89 gr
Jumlah kandungan karbohidrat mendoan = 16,19 gr
Jumlah kandungan lemak mendoan  = 1,04 gr
Jumlah kandungan kalsium mendoan =26 mg
Jumlah kandungan fosfor mendoan = 47 mg
Jumlah kandungan zat besi mendoan = 2,01 mg
Jumlah kandungan vitamin A mendoan = 9 
IU

Jumlah kandungan vitamin B1 mendoan = 0,05 mg
Jumlah kandungan vitamin C mendoan = 0 mg


Nah ada nutrisinya juga ya makan mendoan ini. Udah enak kaya protein

Tempe Mendoan Yang mendunia :

wisatawan saat menikmati tempe mendoan

Kuliner tempe mendoan ini sering banyak diminati kalangan masyarakat, bahkan di tempat wisata yang sering di kunjungi para wisatawan sajian menu tempe mendoan ini menjadi salah satu makan makanan selingan. Dari pengalaman pribadi saya pada saat memperkenalkan  dan sedikit memberikan pengetahuan tentang proses pembuatan tempe, manfaat tempe, alasan tempe lebih enak hingga proses tempe mendoan terbentuk kepada wisatawan asing dari negeri Malaysia, Singapore, dan Cina mereka sangat suka dengan menu kuliner tempe mendoan ini karena kelezatan  kuliner tempe mendoan ini bisa rasakan dari ujung lidah hingga ke hati, dan kenikmatan sensasi perpanduan bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang khas di setiap kunyahnya. hemm...pasti ketagihan.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar