Sabtu, 16 Oktober 2021

Kreatif dan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Teknologi sangat peran penting dalam kegiatan sehari-hari maka itu teknologi terus berkembang pesat dengan beraneka ragam seperti media sosial, blog dan lain-lain tentunya dengan kehadiran teknologi ini sangat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat baik usia tua ataupun muda dan pekerja.



Apalagi Pengguna teknologi dari tahun ke tahun terus meningkat hal itu karena kecanggihan dari teknologi yang terus berinovasi sehingga dapat memberikan  informasi berita yang akurat.

Di masa pademi sekarang banyak kegiatan yang menggunakan teknologi seperti pjj ataupun wfh dan kegiatan-kegiatan sehari seperti belanja online, pemasaran produk dan lain-lain.

Dengan menggunakan teknologi di masa pandemi kita jadi lebih berkreatifitas dalam pekerjaan seperti menggunakan media sosial untuk membuat konten-konten ataupun tulisan blog agar bisa menarik perhatian pembaca untuk berkunjung ke media sosial kita.




Dalam pembuatan konten tentunya harus mempunyai etika yang harus diperhatikan : 

1. Penggunaan bahasa. 

Dalam penulis konten harus menggunakan bahasa yang baik dan benar agar setidaknya ketika seseorang membaca tulisan tersebut dapat memahami apa yang ingin disampaikan.

2. Menghargai orang lain. 

Sikap menghargai orang lain tidak hanya di tunjukkan pada saat berkomunikasi secara langsung tapi juga dalam media sosial dengan berinteraksi yang hangat diskusi informatif dan tidak hanya sekedar berdasarkan pendapat.

Dengan adanya saling berinteraksi media sosial akan lebih produktif dan tidak bersifat negatif.

3. Kontrol konten. 

Setiap pemilik akun media sosial harus mengkontrol konten yang di unggah agar orang dapat melihatnya dengan enak.

4. Over posting. 

Over posting akan menggangu pembaca maka itu sebaiknya mengkontrol jumlah yang akan diunggah. 

5. Preferensi bukan Plagisme. 

Setiap pemilik akun tentunya memiliki karakter dan indentik yang kuat dalam bermedia sosial maka itu harus memiliki preferensi konten yang luas sehingga memiliki mangsa pasar masing-masing.

Dengan beretika yang benar dalam menggunakan media sosial tentunya akan memberikan manfaat yaitu :

1. Konektivitas. 

Dengan Konektivitas kita dapat berjumpa banyak orang tidak ada terbatas jarak yang ada.

 2. Pendidikan

Dengan media sosial kita juga mendapatkan ilmu terdiri dari berbagai bidang sehingga menambah pengetahuan. 

3. Bantuan. 

Media sosial dapat membantu bagi yang sedang membutuhkan bantuan melalui menyebarkan informasi seperti donasi ke berbagai wilayah sehingga hal ini bisa mengundang empati orang lain untuk turut membantu seseorang atau lembaga sosial yang membutuhkannya.

4. Informasi. 

Walaupun tidak memperhatikan berita Televisi dan radio tapi kita bisa mendapatkan informasi melalui media sosial.

5. Promosi. 

Media sosial mempunyai peran penting dalam membantu mempromosikan jualan yang tentunya konten yang kreatif agar dapat menarik pembeli.

6. Inovasi. 

Dengan media sosial membuat seseorang untuk melakukan inovasi yang dihubungkan dengan profesi masing-masing.

7. Membantu memerangi kejahatan. 

Media sosial dapat memberikan manfaat untuk memerangi kejahatan yang ada misalnya terdapat buronan yang lari dengan menyebarkan fotonya di media sosial sehingga membantu aparat untuk mencarinya dan ketika seseorang melihatnya dapat melaporkannya. 

8. Membangun komunitas. 

Media sosial dapat membangun komunitas berdasarkan berbagai hal seperti mempunyai kesukaan yang sama.

Sekian banyak dari manfaat yang dimiliki media sosial tidaklah heran telah menyebabkan media sosial menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat kini. 

Oleh karena itu kita sebagai masyarakat haruslah bijak dan kreatif dalam menggunakan setiap peran media sosial yang tentu saja menjadikan hal positif dan bermanfaat di masa pandemi. 

1 komentar:

  1. Jempol merupakan salah satu cara agar bisa rem agar tidak asal asalan komentar dan posting

    BalasHapus