Rabu, 23 Juni 2021

Dukung Produk UMKM di Flobamora

Salah satu faktor yang menyebabkan negara Korea Selatan mempunyai perekonomian yang baik adalah rasa nasionalisme yang tinggi yaitu mencintai produk dalam negeri. Sebaiknya Bangsa Indonesia meniru perilaku tersebut. Dan yang terpenting dengan kesadaran dari dalam diri sendiri bukan dalam bentuk paksaan.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki jumlah penduduk yang besar sehingga memiliki yang cukup besar untuk mendongkrak perekonomian dengan tersedia sumber daya manusia yang cukup besar yang dapat menunjang negara industri seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman dan lain-lain. Hebatnya Korea Selatan adalah keterlambatan negara bangkit daripada Indonesia tapi perekonomian cukup jauh meninggalkan Indonesia. Cinta produk dalam negeri adalah kunci utamanya untuk bangkit.





Maka itu Wakil Presiden Indonesia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga dengan menggunakan produk lokal dan turut memajukan perekonomian lokal, yang diungkapkan pada acara puncak gerakan nasional bangga buatan Indonesa dengan tema Kilau Digital Flobamora.

Event ini cukup besar yang bertaraf Nasional yang dilaksanakan puncak Waringin Labuan Bajo, NTT. Labuan Bajo dipilih sebagai puncak acara kegiatan gerakan nasional bangga buatan Indonesia 2021 Labuan Bajo dikenal sebagai pusat destinasi dan pusat wisata premium yang bisa mendatangkan dan menampilkan karya-karya produk lokal dari semua kabupaten yang ada di NTT.

Bagi masyarakat Labuan Bajo dengan adanya event ini menjadi peluang dan bangkit dari hantaman pandemi juga menunjukkan potensi keunggulan wilayah termasuk umkm dengan adanya transformasi digital yang disediakan oleh kominfo dan bakti membangun sekitar 422 Base Transceiver Station 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten diantaranya di Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur jaringan internet 4G yang disediakan oleh pemerintah.

Agar lebih memahami lagi tentang penggunaan digital maka para umkm diberikan pelatihan dan disetiap titik lokasi disediakan satu fasilitator yang siap mendampingi para untuk mendapatkan pelatihan digital.

Pelatihan Digital umkm Flobamora dilakukan di tiga lokasi dari bulan Maret 2021 bersamaan dengan pre event program bangga buatan Indonesia di Labuan Bajo , Bulan April 2021 di Maumere, Bulan Mei 2021 di Kupang dengan pesertanya umkm setempat. Selanjutnya kegiatan pelatihan digitalisasi dilakukan di Labuan Bajo dan Sumba pada bulan Juni 2021.

Kegiatan Pelatihan Digital merupakan dari program pembinaan dan konsultasi para umkm yang dikhususkan untuk meningkatkan kompetensi umkm di kawasan Flobamora. Program ini terjalin melalui kerjasama rumah BUMN, 99% usahaku, padi umkm, pijar mahir, marketplace, bank Indonesia.

Setelah mahir dalam penggunaan media digital para umkm ini bisa memanfaatkan teknologi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk umkmnya melalui media digital seperti virtual expo, jp hub, bumdes dan lain-lain. 




Pada gerakan nasional bangga buat Indonesia juga di isi oleh virtual expo yakni pameran produk-produk ungggulan UMKM secara virtual. Produknya sudah dikurasi oleh sejumlah mitra seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace.

Proses kurasi umkm dilakukan sejak Maret 2021 melalui sejumlah kegiatan, diantaranya diskusi terfokus, pelatihan, dan talkshow kerjasama antara Kementerian Kominfo, Bank Indonesia, Telkom, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Pemerintah Daerah dari beberapa kota di NTT.

Dari ribuan UMKM yang berada di NTT, sebanyak 100 UMKM lolos kurasi dengan 1.000 produk unggulan mulai dari fashion, kerajinan tangan, dan produk makanan serta minuman.

Bagi pengunjung mengakses melalui kilaudigitalflobamora.id dan pilih menu pameran virtual dengan memasukkan nama, nomor telepon, dan surel.

Setelah isi semua data lengkap pengunjung akan dibawa masuk ke area lobi pameran. 

Diarea lobi pengunjung dapat memilih exhibition hall untuk melihat kategori UMKM lokal, yaitu Food A, Food B, Fashion, dan Craft untuk merasakan pengalaman berbelanja virtual.

Ada auditorium untuk menonton webinar atau live event yang diselenggarakan terkait industri maupun pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

Setelah memilih dari salah satu kategori maka pengunjung diarahkan ke pameran agar dapat melihat dan memilih langsung produk yang akan dibeli.

Pengunjung bisa memilih langsung produk yang akan dibeli dengan mengisikan alamat, jenis pengiriman dan metode pembayaran. 

Setelah memilih pembayaran maka pesanan akan masuk ke penjual untuk segera disiapkan dan dikirim.

Pameran virtual Flobamora juga dilengkapi transaksi daring yang terintegrasi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank Indonesia kerjasama dengan Grab, Link Aja, Dana, Gopay, OVO, dan motode pembayaran digital lainnya.




Selain itu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa dan digitalisasi juga perlu dilakukan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengkonsolidasi berbagai usaha yang dilakukan oleh warga masyarakat.

Bumdes yang bertugas melakukan konsolidasi dari hulu sampai hilir terutama yang terkait dengan distribusi barang dan mencari pasar bagi berbagai usaha yang sudah dilakukan oleh masyarakat desa.

Situs bumdes dibuat dengan syarat mudah digunakan, ringan dalam hal akses, sederhana, serta mampu menghubungkan pembeli dan penjual lokal di wilayahnya. 




Selain itu Flobamora juga terkenal dengan destinasi pariwisata yang keren dan indah seperti hotel, resto dan lain-lain pelaku pariwisata juga bisa memasarkan produknya melalui jaringan pariwisata hub yang merupakan kolaborasi dari kemenkominfo, telkom, kemenparekraf sehingga memudahkan wisatawan untuk menemukan destinasi pariwisata.

Adapun caranya mendaftar di jaringan pariwisata hub sebagai berikut :
klik daftar kunjungi wonderland.id 
pilih jenis inventory yang akan didaftarkan isi data dan masukan semua dokumen yang diperlukan

Dalam hitungan detik produk pariwisata siap dipasarkan secara luas untuk domestik maupun mancanegara.

Mulai dari sekarang ayo kita membeli produk lokal guna untuk menciptakan pasar yang lebih besar untuk meningkatkan ekonomi daerah maupun nasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar