Minggu, 15 September 2019

Kriya Nusa 2019 Karya Indonesia Mendunia

Keanekaragaman suku bangsa, adat istiadat, seni budaya dan bahasa yang khas menjadikan Indonesia negara yang subur akan kreativitas. 

Dinamika terus berkembang dan melahirkan beragam seni kriya atau kerajinan tangan. Ditengah kebutuhan untuk mengembangkan tradisi dan warisan budaya, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menjadi pionir penggerak industri kerajinan. 

Narasumber Temu Nitizen Kriya Nusa 2019

Dekranas  merupakan wadah perhimpunan penggiat industri kerajinan nasional. Dekranas sudah 40 tahun yang dapat dikatakan sebagai salah satu pionir. Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan, "tutur Septiana Tangkary di Kembang Goela Restaurant, Jakarta, Senin, (09/09/2019). 

Sampai  saat ini Dekranas terus menjalankan perannya sebagai mitra pemerintahan dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya. Termasuk membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di seluruh wilayah Nusantara. 

Untuk itu Dekranas selalu berupaya konsisten setiap tahunnya melakukan promosi melalui pameran yang diselenggarakan.

Triana Rudiantara, Ketua bidang Humas, Promosi dan Publikasi Kriya Nusa, "Kriya Nusa adalah icon pameran kerajinan terbesar yang ditujukan sebagai wadah promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) binaan Dekranas di seluruh Indonesia. Kriya Nusa akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Pameran Kriya Nusa 2019 bertemakan "Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan melalui pengembangan, kreativitas dan kewirausahaan", ini akan mengusung ikon daerah Nusantara dari Sumatera Barat berupa Pucuk Rabuang.

Motif ini melambangkan pepatah "Mulai di usia muda, lebih lagi di usia dewasa". Bambu masih kuncup sangat lembut dan bergizi disantap. Jika sudah dewasa ia berdiri kokoh, menjulang tinggi, namun merunduk rendah hati. Motif ini dipergunakan sebagai dasar desain publikasi.

Pameran Kriya Nusa 2019 akan diselenggarakan dengan berbagai kegiatan unik dan menarik setiap harinya, antara workshop ragam hias tekuluk (Dekranas Jambi), fashion show, pentas seni budaya Minang, workshop padupadan Wastra Nusantara, workshop pembuatan taslidi dari bahan baku lidi cambia, penampilan dari Golden Mum's serta penampilan music performance dari Lapazze Band. 

Acara  pembukaan Kriya Nusa 2019 juga akan dimeriahkan peluncuran dua buku oleh Dekranas, yakni cerita serat menjadi tenun dan songket Minangkabau ( yang disajikan dalam dua bahasa). 

Pameran Kriya Nusa 2019 di ikuti oleh Dekranas seluruh Indonesia yang memfasilitasi pengrajin di wilayah masing-masing.

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan kementerian memfasilitasi mitra Binaan ikut terlibat, sehingga terdapat 246 stand yang terdiri dari 37 stand Kementerian dan BUMN, 170 stand Dekranas, 25 stand individu, 8 stand mitra dan 6 stand asosiasi.

 karya kerajinan tangan anak bangsa

Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif, pertumbuhannya sangat cepat, dan berkembang hampir di seluruh tanah air. Oleh karena itu produk kerajinan merupakan salah satu andalan Indonesia. 

Pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kreativitas menjadikan potensi budaya kerajinan sebagai unggulan sehingga memiliki potensi yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar internasional.

Dalam perkembangannya teknologi para perajin untuk mulai mengenal pasar digital dengan menjual produk mereka ke sistem perdagangan electronik atau e-commerce sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan perajin Indonesia. 

Cinta produk Indonesia

Maka itu kita sebagai generasi muda bagian peranan penting untuk memajukan produk Indonesia dengan cara menjaga ,menggali , mengembangkan sekaligus memperkenalkan produk sebagai seni kerajinan menjadi seni suatu budaya. 

Cerminan Indonesia adalah menggunakan produk Indonesia dengan membeli produk kerajinan karya anak bangsa pada pameran Kriya Nusa 2019 ini tiket masuknya tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

1 komentar:

  1. Nice sharing mba. Ikut bangga.

    Btw usul dikit mba... templatenya blm otomatis kebaca versi ponsel. Mungkin perlu utak atik dikit

    BalasHapus