Jumat, 17 Desember 2021

Strategi Mengantisipasi Lonjakan COVID-19 Pada Liburan Nataru

 

Seperti kita tahu sudah hampir 2 tahun ini masa pandemi belum juga berakhir dan telah banyak jenis varian virus covid 19 seperti Alfa, Delta, Beta bahkan ada varian baru omicron menjelang akhir tahun.

Tentu ini akan menjadi daftar panjang masa pandemi karena virus omicron ini disebut lebih ganas di bandingkan jenis virus covid lainnya.

Keberadaan virus omicron pertama kali ditemukan di negara Afrika Selatan sebagai varian yang memiliki banyak strain atau mutasi. Jumlahnya yang melebihi dari varian Alpha, Beta, hingga Delta yang masih mendominasi saat ini.

Penemuan varian Omicron yang telah menyebar di 77 negara dan adanya kemungkinan bahwa varian Omicron sudah menyebar di sebagian besar negara di dunia, meskipun belum terdeteksi.

Varian omicron ditetapkan WHO sebagai Variant of Concern (varian yang menjadi perhatian) dan bikin cemas di seluruh dunia.

Apalagi sebentar lagi mau liburan natal dan tahun baru tentunya ini juga akan menjadi pertimbangan pemerintah dalam liburan natal dan tahun baru seperti membuat peraturan syarat perjalanan dan lain-lain.

Peraturan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 yang tertuang dalam Adendum Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Natal dan Tahun Baru 2022 pada Masa Pandemi COVID 19.

Dengan adanya peraturan ini liburan akan tetap akan bisa berjalan asalkan mengikuti syarat yang telah di tetapkan oleh pemerintah. 

Libur telah tiba hore.. hore yang akan disambut dengan gempita terutama anak-anak dan sebagai seorang ibu tentunya sudah harus mempersiapkan baik-baik jadwal liburan kali ini. Rencana liburan natal dan tahun baru pun harus di rundingan terlebih dahulu oleh semua anggota keluarga agar liburan jadi menyenangkan.




Tentunya selama liburan natal dan tahun baru  hotel atau tempat wisata juga harus awareness agar bersama-sama keluar dari pandemi ini, ujar Devi Roza K Kausar, PhD, CHE selaku Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila. 

Alangkahkah baiknya liburan kali ini masih di sekitar jakarta atau di Indonesia aja mengingat antisipasi lonjakan kasus covid 19 terutama virus omicron yang beredar di Indonesia. 

Bagaimana kah liburan  yang aman di masa pandemi :

1. pilihan tempat yang tidak terlalu ramai seperti tempat wisata alam antara lain bisa ke pantai, gunung dan lain-lain yang tentunya tempat wisata tersebut menerapkan protokol kesehatan.

2. ketika hendak pergi berlibur pastikan kamu dalam keadaan sehat.

3. bawalah perlengkapan sendiri.

4. sediakan selalu masker dan hand sanitizer.

5. sudah melakukan vaksin baik dosis satu dan dosis dua.

Selain itu kita juga harus memperhatikan syarat perjalanan bagi kendaraan pribadi, transportasi umum, kereta api antar kota, antara lain :

1. membawa kartu vaksin atau minimal sudah melakukan vaksin dosis pertama. 

2. memperlihatkan hasil test negatif PCR. 

3. menunjukkan hasil rapid test antigen. 





Dengan konsisten menjalankan aturan selama liburan natal dan tahun baru seperti menerapkan protokol kesehatan serta 6 M selama liburan natal dan tahun baru sehingga dapat menekan kasus covid 19 terutama virus omicron, ujar Ahmad Arif selaku co founder lapor covid 19 dalam live youtube kbr pada rabu,15 Desember 2021.

Dengan begitu kamu tetap bisa menikmati liburan natal dan tahun baru dengan aman , nyaman dan sehat di tengah masa pandemi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar