Sabtu, 18 April 2020

Tanpa Syarat Ketentuan Untuk Jalani Hidup Apa Adanya

Generasi milenial mengetahui lirik berbunyi, “Dunia ini panggung sandiwara, Ceritanya mudah berubah, Kisah Mahabrata atau tragedi dari Yunani.” Syair puitis yang ditulis oleh musisi senior Ian Antono dan Taufiq Ismail, merupakan salah satu lirik dari sebuah lagu ikonik Indonesia yang mengajarkan bahwa kehidupan didunia hanyalah sebuah panggung dan manusia sebagai aktornya. mengapa kita masih saja suka bersandiwara? Padahal tanpa syarat ketentuan sehingga jalanin hidup apa adanya.

Coba ingat seberapa sering kita memakai topeng dalam keseharian? Melihat dunia penuh kepura-puraan bikin saya makin tidak gampang percaya sama suatu hal. kehidupan nyata aja banyak yang berpura-pura apalagi di kehidupan Maya?

Saya sendiri bingung dengan realita yang satu ini. Mungkin setiap orang yang sedang berpura-pura punya tujuan sendiri dalam hidupnya. Bisa jadi karna tidak percaya dengan dirinya sendiri, atau ingin menyerupai pribadi lain, ingin lebih dipandang, ingin ini ingin itu banyak sekalii.

Toh apa susahnya si jadi diri sendiri? bukanya lelah harus terus berpura-pura? Oke, mungkin memang sebuah kepura-puraan tidak akan menyakiti orang-orang disekitar mereka? tapi diri mereka? bukannya jauh lebih perih menyakiti diri sendiri? membohongi diri sendiri setiap hari. Apa mungkin mereka menikmatinya?

Kalau ada yang bilang suatu kebohongan akan melahirkan kebohongan-kebohongan yang lain, saya setuju banget. Kalo sama diri sendiri saja bohong, gimana sama orang lain?


Kepura-puraan kaya gini paling banyak terjadi di dunia maya ini, contohnya kaya akun akun yang membeli jumlah follower hanya sebagai pencitraan palsu untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Dan tidak cuma dunia maya yang banyak kepura-puraan. dunia nyata yang begitu jelas masih banyak yang berpura-pura, ada yang berpura-pura bahagia padahal ada luka yang kita sembunyikan, berpura-pura kaya demi ikut dalam pergaulan ibukota, berpura-pura rajin bekerja demi citra diri, dan masih banyak kemungkinan pura-pura lainnya yang sering dilakukan.

Dibalik kepura-puraan sesungguhnya terdapat rasa takut yang berusaha kita tutupi. Rasa takut untuk menampilkan diri apa adanya, takut menunjukkan perasaan yang sebenarnya, atau ketakutan lainnya – yang mungkin kita sendiri tidak menyadari keberadaannya.

Menurut psikolog terkemuka Carl Rogers, dalam buku Authentic: How to be Yourself & Why It Matters tulisan Profesor Stephen Joseph, orang-orang yang ‘bermasalah’ dalam hidupnya adalah orang yang selalu berpura-pura karena tidak menjadi diri mereka sendiri. kunci kebahagiaan hidup adalah di saat kita bisa dapat menjadi diri sendiri.

Oleh karenanya mereduksi memerlukan kesediaan diri untuk mau keluar dari kepura-puraan tersebut. Dalam upaya keluar itulah, Menjadi diri sendiri adalah jalani hidup apa adanya tanpa ada kepura-pura hingga menjadi ‘diri kita sendiri’ senantiasa berada di dalam jiwa kita. kita hanya butuh memberikan ruang dan waktu bagi diri kita untuk merasa.

Semakin sering berlatih maka semakin lihat pula kita untuk dapat mengoreksi diri untuk tanpa basa-basi, tanpa tending alih-alih, tanpa kepura-pura jadi jalanin hidup ini apa adanya sehingga hidup ini akan menjadi simple.

Cara mendapatkan tersadar dan memahami perasaan, kita pun dapat membangun koneksi yang kuat dengan diri dan lebih percaya dengan diri sendiri.

Jika telah percaya dengan diri sendiri, maka tanpa kepura-pura sehingga menjalani hidup apa adanya dan tanpa syarat ketentuan maka kepuasan tercapai dengan menjadi diri sendiri sehingga kita bisa berkarya melakukan hal-hal yang positif dengan menyebar informasi yang bermanfaat untuk masyarakat seluruh Indonesia tentunya dengan menggunakan produk telekomunikasi IM3 Ooredoo menyediakan paket freedom internet dengan 100% persen kuota utama dan transparan tanpa syarat jadi kita bisa berkarya dengan konten-konten yang sesuai dengan karakter diri kamu sendiri.


Kreasi tanpa batas, berkarya tanpa perlu mengajar ambang batas itulah yang sering saya kalau sedang lagi vlog hanya satu kali mengupload di Ig ataupun YouTube yang berisikan konten yang menarik dan bermanfaat tentunya bisa akan menambah subscriber dan viewer karena mereka haus akan informasi yang saya.

Jadi tanpa followers palsu untuk mensubcriber dan viewer yang biasa dilakukannya akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri karena menjalankan tanpa tipu-tipu dan tanpa modus untuk maksud dan tujuan yang tak jelas sehingga banyaknya perusahaan ataupun agency untuk menawarkan suatu pekerjaan.

Tanpa tedeng aling aling mulai sekarang bijaklah dalam menggunakan media sosial karena dengan adanya media sosial kita bisa berkarya dan mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia sehingga kita bisa menjalani hidup apa adanya jadi hidup simple dan IM3 Ooredoo menghadirkan lini produk telekomunikasi yang simpel dengan layanan freedom internet jadi tetap eksis.



14 komentar:

  1. Bener banget, Mbak. Membohongi diri sendiri nyatanya terasa lebih sakit. Lebih baik hidup apa adanya. Lebih tenang tanpa ketakutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya kita harus yakin pada kemampuan diri sendiri bahwa pasti kita bisa menghasilkan sesuatu yang lebih hebat

      Hapus
  2. Iya mba..aku senang ada campaign seperti ini mengingatkan banget utk hidup lurus ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget.. thanks im3ooredoo yg selalu mengingatkan akan arti kejujuran di dunia Maya ataupun nyata

      Hapus
  3. Kayaknya capee...gitu yaa...kalau hidup gak apa adanya.
    karena selalu ingin dilihat baik oleh orang lain.
    Menentukan diri di jalan yang baik dan menjadi diri sendiri adalah hal yang paling bijak yaa, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt .. syukur hidup ini apa adanya jadi kita ga usah deh pikir hal2 yg negatif malah bikin tambah rumit dan gak tenang

      Hapus
  4. Hidup apa adanya lebih asik dan tenang ya mba, daripada tipu-tipu malah jadi gak tenang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget ..selain itu juga jadi di ridho allah

      Hapus
  5. Kadang aku suka engga percaya diri sama diri sendiri apalagi kalo ketemu orang yang lebih hebat dari aku. Tapi seiring berjalan waktu aku sadar kalo aku tuh juga bisa seperti mereka dengan cara dan kemampuan aku sendiri dan aku menjadikan mereka motivasi atau panutan untuk bisa lebih dari mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman adalah pelajaran untuk berubah melakukan yang lebih baik lagi karena begitu kita lebih bersemangat dlm menjalani hidup ini

      Hapus
  6. aku dulu pernah beli follower untuk ig. tapi udahannya tobat. hahaa..

    followernya ngilang in a second.. cz pke akun bot, jd mereka lgsg diblokir ignya hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang begitu bunda, gak penting Khan sekarang bunda tidak mengulangi kesalahan yg sama jadi nkita hrs tetap menjadi diri sendiri karena job TDK ditentukan dari followers byk tapi dari akun real dan isi konten

      Hapus
  7. Memang kita harus kuat mental kalau mau berkecimpung di sosial media yah mbak, salah langkah sedikit bisa kebablasan dan pencitraan palsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget.. godaan byk untuk mendapatkan job dgn cara mudah beli followers tapi itu persaingan jadi TDK sehat makanya kita membuktikan bahwa kita bisa berkarya tanpa hrs followers palsu

      Hapus