Minggu, 21 Juli 2019

Potret Kehidupan Mahasiswa 90an di Film Koboy Kampus

Ketika lulus dari SMA banyak calon mahasiswa yang ingin sekali mendaftarkan universitas yang di impian dan tentunya juga tidak semudah itu para calon mahasiswa harus melalui beberapa tahap seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) untuk diterima sebagai mahasiswa pada universitas yang impikan. 

Salah satunya Institut teknologi Bandung adalah impian bagi para calon mahasiswa baru dan ketika di terima Institut teknologi Bandung pastinya senang dan bangga karena telah berhasil melewati ribuan calon mahasiswa seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. 

Mahasiswa telah dianggap sebagai agen pembawa perubahan suatu negara sehingga mempunyai kebanggaan tersendiri dimana tidak hanya sebagai orang yang menempuh pendidikan pada salah satu perguruan tinggi tapi juga sebagai wadah solusi dari berbagai timbul permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat di suatu negara. 

Mahasiswa merupakan golongan akademis yang mempunyai tempat tersendiri di dalam masyarakat karena mahasiswa mempunyai potensi serta kelebihan yang tidak bisa disamakan dengan rakyat biasa tentunya dalam perjuangan serta kontribusinya terhadap bangsa dan negara.

Mahasiswa adalah golongan idealisme yang memiliki keyakinan dan pemikiran yang belum terpengaruh oleh urusan partai politik, organisasi masyarakat.

Press conference film Koboy Kampus


Potret kehidupan mahasiswa ditahun 1990'an dalam berjuang menghasilkan sebuah karya nyata dan pertetangannya dalam melawan rezim orde baru diangkat oleh sutradara Pidi Baiq ke layar lebar dengan judul Koboy Kampus. Bagi Pidi, ide cerita ini merupakan cerita nyata kehidupan pribadinya saat menjalankan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dijalaninya tahun 1990'an.

Kampusmu adalah kampusmu tetap yang terbaik, orang orang harus tahu. Semuanya diangkat dalam film Koboy Kampus lebih banyak menampilkan romantisme tahun 1990'an, sisanya adalah perjuangan gimana mahasiswa yang berusaha kritis untuk berusaha mencari ide mengungkapkan keinginan hatinya.

Pidi Baiq berkarya lewat seni dengan membentuk sebuah band bernama the panasdalam bank dan seperti menghadirkan sebuah negara kecil di kampus. Ini sisi lain menurut Pidi Baiq dalam membuat ceritanya lebih hidup", ungkap Pidi Baiq pada saat peluncuran film Koboy Kampus di epicentrum, Kuningan Jakarta, Kamis (18-7-2019).

Ditambahkannya, butuh riset panjang baginya untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus ini. "Dibalik riset itu ada cerita dan ide membuat negara dan sebagainya. Terciptalah lagu lagu tentang UNPAD, tentang ITB. Dan dari, situlah banyak sketsa sketsa menarik", ujar Tubagus Deddy. 

Riset enam tahun itu mempertemukan Tubagus dengan Vokalis the panasdalam bank, Pidi Baiq, setelah sempat membuat film dokumenter pada tahun 2013.

Pertemuannya mencetuskan ide untuk mengangkat cerita grup musik the panasdalam bank ke dalam cerita film. Bahkan untuk membuat film Koboy Kampus terkesan nyata Pidi Baiq mengajak beberapa musisi untuk tampil dan berperan dalam film yang diproduksi MNC Pictures dan 69 Production.



Dua dari pemain film Koboy Kampus berasal dari dunia musisi inden Tanah Air yaitu Jason Ranti dan Danilla Riyadi.

Film Koboy Kampus juga merupakan menjadi film pertama dan debut akting dari kedua musisi tersebut.

Lagu the panasdalam bank dikemas menjadi sebuah lagu yang unik khas the panasdalam lagunya mengandung pesan moral yang disampaikan melalui deretan liriknya seperti judul lagu "mulailah berani".

Film Koboy Kampus dikemas dengan bahasa ringan, unik serta menghibur juga menghadirkan pesan menarik bagi penonton yaitu tetap bersatu ditengah banyaknya perbedaan. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) harga mati. Bersatulah, jangan biarkan perbedaan memecahkan.

Selain Danilla dan Jason Ranti, film ini juga dibintangi oleh sejumlah Musisi dan Aris seperti Bisma Karisma sebagai Deni, Ricky Harun sebagai Ninu, David John Schaap sebagai Erwin, Vienny JKT48 sebagai Nia. Miqdad Addausy sebagai Dikdik, Steffi Zamora sebagai Rosi, Christina Colondam sebagai Santi, Anfa Safitri sebagai Rianto, Jennifer Lepas sebagai Inggrid

Mungkin bagi yang pernah mengeyam bangku kuliah istilah Koboy Kampus sudah tak asing lagi. Ada juga mengenal nama "maba" atau 'mahasiswa abadi'. Yang pasti kehidupan kuliah memang punya banyak cerita menarik.

Bagi yang ingin mengenang kisah kuliah, jangan sampai melewatkan film Koboy Kampus mulai tanggal 25 Juli 2019 di bioskop.


2 komentar:


  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. Sebenarnya pengen banget nonton film karya ayah Pidi Baiq, tapi sayangnya disini nggak ada bioskop dan belum ada rencana ke kota :D. Semoga nanti ada di layanan streaminf film legal.

    BalasHapus