Selasa, 26 Februari 2019

Ungkapan Masa Depan Dunia Melalui Lukisan Anak Anak Kao

Pertama kali memasuki The Ice Palace Concert Hall di Lotte Shopping Avenue Mall, Jakarta. Saya merasakan berada di pameran lukisan dengan hasil karya pelukis terkenal tapi ternyata salah ternyata lukisan hasil karya anak anak.

wow ternyata karya lukisan anak anak memang benar benar bagus karena di setiap gambar pada lukisan mengandung makna tentang kebersihan dan menjaga lingkungan pada acara penghargaan the 9 th KAO Internasional Enviroment Painting Concest for Children tanggal 23 Februari 2019.

Painting Contest 2019

Acara rutin yang diadakan tiap tahun sejak 2010 Kao Indonesia. Anak anak diajak untuk menjadi agen perubahan bagi keluarga, teman, serta orang orang yang andil dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan ramah.

Caranya ? Ya, tentu dengan melukis. Melukis apa? Melukis dunia yang lebih baik seperti apa yang mereka inginkan, jadi bukan sekedar melukis yang tanpa makna, tapi ada makna dibalik lukisan tersebut.

Event ini merupakan penghargaan untuk anak anak Indonesia yang karya lukisannya meraih penghargaan di ajang lomba melukis lingkungan KAO untuk anak anak, yang ke 9 kali diselenggarakan.

Lomba lukisan ini memiliki tema Eco Together para peserta lomba pastinya anak anak diajak untuk mengungkapkan bermacam macam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Karena tidak dapat dipungkiri anak anak lebih jujur dalam mengungkapkan masa depan yang lebih baik.

Tahun 2019 lomba lukis bertaraf internasional sudah sembilan kali diselenggarakan sejak tahun 2010, peserta sendiri adalah peserta berumur 6 - 15 tahun dari seluruh Indonesia dan peserta cukup membuat lukisan dengan tema Eco Together beserta deskripsi pesan lukisan dengan menggunakan media apapun yang mereka sukai. Hasil karya seluruh peserta lalu dikirimkan oleh Kao Indonesia untuk kemudian dikirimkan ke Kao Cooperation Jepang. Seluruh karya melalui proses penjurian. Dewan juri terdiri dari figur seniman dan para ahli di bidang kesenian yang telah diakui oleh Jepang, serta perwakilan dari KAO Corporation Jepang.

Dengan tahapan pendaftaran seperti ini, hasil karya dijamin otentik karena wujud aslinya harus langsung dilihat dan dinilai langsung oleh juri.

Partisipasi dan antusias anak anak Indonesia mengikuti acara ini terbilang cukup besar terbukti pada tahun 2019 menjadi tahun terbaik dalam pelaksanaan lomba melukis lingkungan Kao. Sebanyak 4.379 lukisan dari seluruh Indonesia dan mengalami kenaikan sekitar 18,2%. Dari segi kualitas dan kuantitas mengalami perkembangan.

Indonesia telah meraih beberapa katogeri penghargaan :

kategori Eco Friends Prize mendapatkan satu pemenang lewat lukisan spread the message of Enviroment Conservation Wayang, karya Viola Arielle Suliandy.

Dengan katerogi Group Prize memborong semua penghargaan, diantaranya MtsN 1 Bangil Pasuruan dengan 669 karya, SD Alfurqan Jember dengan 635 karya, Mts Wahid Hasyim Bangi dengan 524 karya, SMPN 1 Citereup dengan 492 karya dan SMPN 2 Bangil Pasuruan dengan 487 karya.

Dari 12.563 dan 44 negara yang masuk dalam lomba melukis lingkungan internasional KAO dalam Kategori KAO Prize mendapatkan 2 pemenang yang diwakili oleh Sherly Vermont Kwerni melukiskan impian tentang masa depan yaitu lingkungan hijau dengan karya berjudul Reflection of Earth's Better Future.

Farhan Wibisono melukiskan tentang kehidupan bercocok tanam di desanya dengan karya Light Up the Face of the Earth. Ia mengambil inspirasi dari keadaan sekitarnya dan berbagai situasi yang terjadi di Indonesia.

Pengumuman pemenang telah dilakukan pada tanggal 30 November 2018 dan bagi Pemenang Kategori KAO Prize dan Planet Earth Grand Prix dari seluruh dunia diundang ke Tokyo, Jepang dalam untuk penyerahan hadiah dan penghargaan.

Pada tanggal 8 Desember 2018 di acara pameran Eco Pro yang diselenggarakan Tokyo Big Sight Lukisan lukisan yang menjadi pemenang kategori individu akan dipamerkan di booth KAO.

Arly, Sherly, Farhan, Johny saat PressCon

Menurut Johny Lay, Senior Manager Corparate and Head Commitee Painting Contest Kao Indonesia, Mereka itu seolah mewakili tingginya harapan anak bangsa untuk kelestarian bumi yang dapat diwujudkan dalam tindakan nyata sederhana sehari hari.

Kao sudah 9 tahun mengangkat tema lingkungan yang secara kontinu untuk mengampanyekan ramah lingkungan pada anak anak dan terus menyadarkan dan membuat orang orang menjadi sadar dan mau terlibat menjaga lingkungan.

Selain painting contest, Kao juga ingin berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan melalui beberapa kegiatan diantaranya program edukasi Remaja KAO yaitu remaja Kreatif, Aktif dan Optimis.

Dengan adanya Painting Contest membuka mata kita tentang lukisan yang dulu kita melihat lukisan di museum untuk mempelajari sejarah sekarang kita bisa melihat lukisan sebagai cara untuk memandang masa depan dan membangun mental anak anak untuk hidup lebih bersih dan lebih menjaga lingkungan. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa ini. Masa depan ada pada tangan generasi berikutnya.

Kao adalah perusahaan asal Jepang dan berekspansi di Indonesia. Berkomitmen memperkaya kehidupan, harmonis dengan alam.

1 komentar:

  1. "Masih Bingung Mencari Situs Poker / Domino / BandarQ / AduQ Yang isa di percaya ?

    Yang Mempunyai % Kemenangan Lebih Besar . ?
    Kartu"" Yang Berkualitaas . ?

    Pelayanan CS Yang Ramah / Tips"" Dan Trick Cara Bermain . ?

    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.POKER Minimal Deposit : Rp.20.000,-

    Bonus Refferal Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over Tanpa Batas .

    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    8 Games Dalam 1 User ID
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - BANDAR SAKONG

    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ dan BANDAR SAKONG .

    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam .

    Daftar Langsung isi data2 : http://arenadomino.poker

    BalasHapus